LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Sumatera Utara Nyatakan Komitmen Implementasi SDGs - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

MEDAN – “Kalian tahu cemana tukang botot itu manggil-manggil: ‘tooooot’, nah yang seperti itu lah yang menjadi mitra kerja kami. Dengan apli...

MEDAN – “Kalian tahu cemana tukang botot itu manggil-manggil: ‘tooooot’, nah yang seperti itu lah yang menjadi mitra kerja kami. Dengan aplikasi ‘Kepul’ yang kami rancang, pemberi sampah dan pemulung sampah akan lebih mudah bertransaksi,” kata Afrizal dari ‘Kepul Project’ Medan.

Afrizal menjelaskan, ke depan, aplikasi ini akan membantu masalah sampah di Medan seperti sampah-sampah buku.

Anak muda peduli pembangunan dan beraksi nyata seperti Afrizal tidak seorang diri. Ide cerdas dan inovatifnya disambut dengan baik oleh rekan-rekan mudanya yang lain yang juga urun tampil dengan karya pembangunan yang tidak kalah inovatif.

“Sumatera Utara punya angka anak putus sekolah kedua terbanyak dan kami ingin agar mereka-mereka ini ada yan membina,” kata Doni dari ‘Semut’ Sumut.

“Yang kami lihat sangat diperlukan adalah platform digital dimana ibu-ibu terhubung melalui Whatsapp Group untuk saling mendukung pemberian ASI ekslusif”, seru Emilia Rosa dari Projek Wappedae.

“Anak perempuan perlu diberi ruang aman untuk belajar dan berkembang. Kami hadir dan memberikan rumah cerdas untuk mereka”, kata Tiara Nasution dari Rumah Cerdas Anak Perempuan

Pertemuan dengan komunitas anak muda lokal menjadi salah satu ajang puncak Forum Komunikasi Daerah Percepatan Implementasi TPB/SDGs melalui Kemitraan Multi Pihak di Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, pada Selasa 12 Februari 2019.

Dalam kesempatan ini, anak muda lokal diberikan kesempatan untuk berekspresi dan menyampaikan program mereka yang dapat berkontribusi pada percepatan SDGs/TPB. Bersama dengan komunitas lokal, 2030 Youthforce dan juga perwakilan Sekretariat Open Government Indonesia ikut serta memeriahkan acara dan memotivasi anak muda untuk turut membantu percepatan SDGs/TPB.

“Kita semua bisa terlibat dalam TPB melalui hal-hal 3T. Ingat 3 T , terkecil, termudah, terdekat,” seru Rifqa Cecilia, 2030 Youthforce dalam penjelaskan atas aksi implementasi SDGs.

Selain sesi millenial, diadakan juga talkshow di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara yang dihadiri lebih dari 200 peserta dari SKPD dan OPD beserta perwakilan CSO, media, akademisi, dan filantrofi bisnis.

sekdaSekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R. Sabrina menyatakan komitmen pelaksanaan Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/TPB) akan berkolaborasi dengan aktor non pemerintah, seperti Civil Society Organization (CSO), Akademisi, dan Media.

“RPJMD yang sudah mengakomodasi TPB sudah hampir selesai dan kami berkomitmen Sumatera Utara akan menyelesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya,” kata Sabrina disambut tepuk tangan meriah dari hadirin.

Indonesia jadi role model

Indonesia merupakan salah satu negara yang berkomitmen dalam pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Sesuai dengan mandat Perpres No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) di 34 Provinsi.

Dalam acara forum komunikasi daerah tersebut, Wahyuningsih Darajati dari Kementerian PPN/Bappenas, menginformasikan bahwa Pemerintah Daerah Sumatera belum termasuk ke dalam 18 provinsi yang telah menyelesaikan RAD.

SDGs/TPB merupakan sebuah kerja besar gerakan bersama untuk mencapai tujuan pembangunan yang ambisius dengan menerapkan tiga prinsip utama, yaitu secara inklusif, integrasi, dan tidak satupun yang tertinggal.

Merujuk pada prinsip-prinsip tersebut, Indonesia kini telah menjadi role model dunia karena konsisten melibatkan seluruh pemangku kepentingan yaitu, pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, CSOs dan media, universitas dan akademisi dalam pelaksanaannya. Dalam penyusunan  RAN TPB/SDGs, Indonesia telah melibatkan 108 anggota non – pemerintah.me1

“Pemerintah pusat telah menyiapkan kerangka regulasi, mekanisme penyusunan rencana aksi baik di pusat maupun daerah yang melibatkan aktor yang beragam. Keterlibatan adalah sebuah keharusan, sesuai dengan prinsip utama SDGs/TPB “No one left behind.” Tantangan implementasi TPB/SDGs adalah bagaimana memastikan aktor non pemerintah menjadi bagian dari solusi.” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Pertahanan, Kementerian PPN/Bappenas Slamet Sudarsono menginformasikan kepada peserta bahwa saat ini telah disusun panduan kemitraan multi-pihak yang dapat dijadikan acuan oleh pemerintah daerah dalam membangun kemitraan dengan aktor-aktor non pemerintah.

“Panduan Kemitraan Multi-Pihak akan diluncurkan pada akhir bulan Februari 2019 oleh Menteri PPN/Bappenas. Selain itu, Bappenas juga akan mengembangkan pembiayaan inovatif dan berperan aktif menjadi SDGs Financing Hub.”

Wahyuningsih Darajati juga menambahkan, “Peran pemerintah saat ini adalah sebagai regulator dan juga inisiator, sedangkan pemilik, pelaksana utama dan penerima manfaat adalah CSO, Media, Akademisi, Filatropi, pelaku usaha, serta masyarakat sesuai dengan kebutuhan daerahnya”.

Selanjutnya, peran partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi dapat dilakukan melalui self-voluntary assessment.

“Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sedang dalam proses menyelesaikan penyusunan matriks II yang kemudian diintegrasikan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).” Jelas Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Bappeda Provinsi Sumatera Utara Munir Tanjung.

Di sisi lain, Pemimpin Redaksi Tribun Medan Syarif Dayan mengakui bahwa, media dapat ikut serta menyebarkan berbagai program yang akan dilaksanakan maupun hasil yang tlah dicapai. “Hal ini diperlukan untuk memastikan informasi sampai ke daerah-daerah,” katanya.

Melalui Forum Komunikasi Daerah telah disepakati pembentukan Center of Excellence, SDGs Center Sumatera Utara yang dikoordinasikan oleh Universitas Sumatera Utara. Kesepakatan ini merespon usulan yang diberikan oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Heru Santosa dalam menjawab ranah peran perguruan tinggi dalam implementasi SDGs/TPB.

Komitmen media dalam mempromosikan SDGs/TPB, peran perguruan tinggi sebagai center of excellence, dan Bitra Indonensia sebagai koordinator pilar tiga SDGs/TPB ditekankan dan dikonfirmasikan kembali oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada saat penutupan acara.

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi yang besar dan telah menunjukkan kemajuan dalam upaya pencapaian TPB/SDGs. Sebagai contoh, Provinsi Sumatera Utara unggul di sektor ekonomi terbukti dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat apabila dibandingkan dengan rata-rata nasional.

Walaupun demikian, menurut 2018 SDG Index and Dashboards, belum ada negara yang “on track” dalam pencapaian seluruh tujuan SDGs/TPB dan Indonesia menduduki urutan ke-99 dari 193 negara. Masih banyak tantangan yang perlu diatasi bersama terutama di tingkat daerah sebagai pelaku dan juga penerima manfaat dari pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Untuk itu, pentingnya kemitran multi-pihak menjadi kunci untuk percepatan pencapaian sasaran/target SDGs melalui pendekatan kolaboratif dan partisipatoris tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di daerah.

Selain kegiatan yang mempertemukan pemerintah pusat, daerah, perwakilan masyakarat, media, perguruan tinggi, komunitas lokal dan milenials ini akan menjadi sarana tukar pikiran, pembelajaran dan inspirasi untuk mendorong kerjasama satu sama lain sesuai perannya, untuk mencapai SDGs/TPB sekaligus mensukseskan pembangunan daerah. Partisipasi publik yang efektif akan mendorong inovasi berbasis solusi untuk menyelesaikan masalah di daerah, sehingga, memiliki dampak perubahan yang signifikan dengan semangat no one left behind (tak ada seorangpun tertinggal). Inspirasi dari acara ini akan ditularkan ke daerah lain agar mendorong percepatan pelaksanaan SDGs yang inklusif di seluruh Indonesia.

Adapun para narasumber yang hadir menuangkan gagasan, pengalaman dan pemikiran dalam acara tersebut adalah Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, R. Sabrina, Deputi Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan Pertahanan Kementerian PPN/Bappenas, Slamet Soedarsono, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wiryanta, Kepada Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Bappeda, Munir Tanjung, Wahyuningsih Darajati, Kementerian PPN/Bappenas, Tim Leader SDGs Nina Sardjunani, Prof. Drs. Heru Santosa, MS, Ph.D, Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Syarief Dayan, Pemimpin Redaksi Tribun Medan, Hawari H, Manager Advokasi Yayasan Bitra Indonesia. Adapun dalam diskusi milenial, mereka yang menjadi para pemantik dan penabur gagasan adalah Tim Sekretariat Open Government Indonesia, Putu Lumina Mentari, Perwakilan 2030 Youthforce Indonesia Rifqa Cecilia dan Paulus Ronald Nono, serta Afrizal Yusuf Rangkuti CEO Kepul Project.me2



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/sumatera-utara-nyatakan-komitmen-implementasi-sdgs/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Sekda.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,13318,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Sumatera Utara Nyatakan Komitmen Implementasi SDGs - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Sumatera Utara Nyatakan Komitmen Implementasi SDGs - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Sekda.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2019/02/sumatera-utara-nyatakan-komitmen.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2019/02/sumatera-utara-nyatakan-komitmen.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy