LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Dalam Pemilu, Ormas Punya Posisi Strategis - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

SURAKARTA - Pemilu yang akan diselenggarakan 17 April 2019 merupakan momentum politik yang sangat krusial. Disebabkan karena kontestannya, t...

SURAKARTA - Pemilu yang akan diselenggarakan 17 April 2019 merupakan momentum politik yang sangat krusial. Disebabkan karena kontestannya, terutama dalam Pilpres, merupakan pengulangan dari Pilpres sebelumnya yang berkompetisi secara head to head, maka potensi terjadinya konflik antar pendukung dari kedua kubu sangat besar. Munculnya banyak hoaks, kampanye negatif, atau bahkan kampanye hitam yang dalam versi masing-masing kubu dianggap dari pihak lawan, merupakan indikasi dari kemungkinan potensi konflik itu.

Banyak upaya mitigasi dilakukan, terutama melalui penegakkan hukum, alih-alih mengurangi malah mempertajam konflik, karena penegakkan hukum dianggap hanya tajam pada kubu oposisi/penantang. Di mata oposisi, upaya-upaya itu tak lebih dari sekadar kriminalisasi pihak-pihak yang kritis terhadap petahana.

Melihat kenyataan ini, untuk penciptaan Pemilu Damai yang menjadi komitmen seluruh komponen bangsa, tampaknya tidak cukup jika hanya berharap pada penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu, tapi yang tidak kalah penting adalah peran organisasi kemasyarakatan (Ormas)

Mengapa Ormas? Ormas merupakan komponen civil society yang memiliki peran-peran penting dengan cakupan yang luas. Hampir semua peran negara --kecuali dalam hal pertahanan, keamanan, serta penegakkan hukum secara formal-- dilakukan oleh Ormas. Ormas berperan besar dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

rohim3Dalam semua survei atau polling pendapat mengenai Pemilu, Ormas selalu menjadi faktor penting. Sayangnya, pentingnya peran Ormas didegradasi pada peran-peran elektoral, dijadikan sebagai alat untuk menkonsolidasikan kekuatan suara, bukan sebagai komponen civil society yang memiliki tanggungjawab yang sama dengan pemerintah dalam menyukseskan Pemilu. Civil society bisa menjadi mitra strategis bagi KPU atau Bawaslu dalam menyukseskan dan meningkatkan kualitas Pemilu yang demokratis, terlebih pada saat pemerintah dianggap menjadi bagian dari alat politik petahana.

Mencermati hal ini, Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta menggelar Seminar Nasional Peran Ormas dalam Menciptakan Pemilu Damai Seminar digelar Jumat, 22 Februari 2019 di Auditorium Muhammad Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta, Jawa Tengah.

“Tujuan utama seminar ini adalah membangun wacana yang konstruktif menjelang Pemilu, mengurai dan menegaskan peran Ormas dalam meningkatkan kualitas Pemilu yang damai dan demokratis, encegah kemungkinan terjadinya konflik antar Ormas menjelang Pemilu, dan mendorong Ormas berperan aktif meningkatkan kualitas demokrasi pasca-Pemilu, terutama dalam mengawal setiap proses politik yang melahirkan kebijakan-kebijakan yang berdampak langsung bagi kehidupan rakyat secara umum,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Abd Rohim Ghazali.

rohim1Dalam perjalanan sejarah politik Indonesia, setiap Pemilu selalu berjalan dengan baik, aman, jujur, dan adil, kecuali pada Pemilu era Orde Baru yang diwarnai pemaksaan kehendak dan pemenangnya sudah ditentukan sebelum Pemilu berlangsung. Pada era reformasi, Pemilu menjadi penanda bahwa demokrasi di Indonesia sudah berjalan sebagaimana mestinya. Jika masih terdapat kekurangan merupakan hal yang wajar karena demokratisasi adalah proses yang tidak pernah berhenti dan fluktuatif. Yang perlu digarisbawahi, proses demokratisasi yang berjalan di Indonesia tidak bisa lepas dari peran ormas, dalam hal ini tokoh-tokohnya.

Menurut Romo Magnis, ada tokoh-tokoh ormas Islam yang berperan dalam proses politik demokratisasi seperti Habibie, presiden yang singkat namun sangat menentukan masa depan politik di Indonesia; Abdurrahman Wahid yang merupakan pimpinan ormas Islam terbesar di dunia yakni Nahdlatul Ulama, dan Amien Rais. Meskipun mengaku sering ada masalah dengan Amien, Romo mengakui peranannya sangat penting sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat yang berhasil memimpin proses amandemen UUD 1945.

Dalam Seminar yang dibuka Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Busyro Muqoddas, hadir  sebagai pembicara Dr. Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah; KH. Imam Azis, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU); Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno, tokoh cendekiawan Katolik; Pramono Ubaid Tanthowi, MA, Komisioner KPU; dan Titi Anggraini, SH, MH, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Bertindak sebagai moderator Dr. Muthohharun Jinan, Dosen/Direktur Pondok Shabran UMS. Seminar ini diikuti 450 peserta yang terdiri dari utusan-utusan dari pengurus Muhammadiyah seluruh Indonesia, segenap mahasiswa UMS, dan tiga orang perwakilan dari Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP): Abd Rohim Ghazali, Munajat, dan Sunarman Sukamto.

Semua pembicara mengakui bahwa ormas memiliki peranan yang strategis dalam Pamilu, tidak hanya menciptakan Pemilu yang damai tapi dalam proses Pemilu yang lebih luas. Namun, Busyro Muqoddas dalam sambutannya menyayangkan karena peran ormas saat ini terpinggirkan dari pusat-pusat kekuasaan. Ormas seperti lingkaran kecil di antara dua lingkaran besar, yakni negara dan korporasi. “Dan lingkaran ormas akan semakin mengecil pada saat dua lingkaran lainnya, kekuasaan dan korporasi, menjalin kerjasama,” tegas Busyro.

Oleh karena itu, sambung Busyro, seminar ini menjadi penting untuk mendorong penguatan ormas dan civil society agar benar-benar memiliki posisi serta peranan penting dan strategis serta tidak mengalami peminggiran dan diskriminasi dalam kehidupan bernegara. Ormas dan civil society berfungsi sebagai kekuatan moral yang menegakkan nilai-nilai utama kebangsaan sekaligus menjadi kekuatan kritik-konstruktif dan penyeimbang demi tegaknya Indonesia sebagai negara-bangsa yang benar-benar merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menggarisbawahi apa yang disampaikan Busyro, Abdul Mu’ti dan Imam Azis berpendapat bahwa  dalam proses Pemilu, ormas harus tetap dijaga netralitasnya. Integritas moral ormas akan terjaga pada saat tidak terjebak pada sikap politik partisan. Oleh karena itu menurut Mu’ti, Muhammadiyah harus tetap pada posisi menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik. Menjaga jarak bukan berarti meninggalkan politik, tapi lebih pada bagaimana agar Ormas bisa menempatkan diri pada posisi yang pas, tidak condong pada capres atau cawapres tertentu. Hal senada juga disampaikan Imam Azis yang merasa dirinya senang karena tokoh-tokoh NU saat ini sudah pandai menempatkan diri. Ia juga mengapresiasi langkah KH Ma’ruf Amin yang mengundurkan diri dari Rois ‘Aam NU setelah ditetapkan menjadi calon wakil presiden (cawapres).

rohim2

 



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/dalam-pemilu-ormas-punya-posisi-strategis/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Rohim3.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,13282,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Dalam Pemilu, Ormas Punya Posisi Strategis - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Dalam Pemilu, Ormas Punya Posisi Strategis - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Rohim3.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2019/02/dalam-pemilu-ormas-punya-posisi.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2019/02/dalam-pemilu-ormas-punya-posisi.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy