LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Stabilitas Harga Terjaga, Kemiskinan Terus Menurun - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

JAKARTA – Dari waktu ke waktu, angka kemiskinan terus menurun. Penurunan ini didukung oleh inflasi yang rendah selama 4 tahun terakhir, pert...

JAKARTA – Dari waktu ke waktu, angka kemiskinan terus menurun. Penurunan ini didukung oleh inflasi yang rendah selama 4 tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi yang solid, dan program-program perlindungan sosial.

Yang paling signifikan berkontribusi dalam penurunan kemiskinan adalah pengendalian inflasi, terutama volatile food. Hal ini disampaikan Deputi III Kepala Staf Kepresidenan bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-Isu Ekonomi Strategis Denni Puspa Purbasari dalam dialog ‘Hot Economy’ yang tayang di BeritaSatu TV, Rabu, 16 Januari 2019.

“Kita tahu, 73% garis kemiskinan untuk makanan. Jadi, kalau harga beras naik, garis kemiskinan akan naik, dan orang-orang yang berada sedikit di atas garis kemiskinan ini akan jatuh miskin bila income-nya tidak naik lebih tinggi,” kata Denni.

Dua kali dalam setahun, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka kemiskinan, yakni per Maret dan September. Dari 2015 hingga 2018, BPS mencatat, angka kemiskinan terus turun dari dari 11,22% (Maret 2015) kemudian menjadi 9,82% (Maret 2018), dan terakhir 9,66% (September 2018).

“Artinya, dari Maret ke September 2018, ada penurunan persentase angka kemiskinan 0,16 persen poin,” papar Suhariyanto, Kepala BPS, saat konferensi pers di kantor pusat BPS, Jakarta, Selasa (15/1).

Dilihat dari nominalnya, jumlah orang miskin di Indonesia berkurang 280.000 orang dari 25,95 juta di Maret 2018 menjadi 25,67 juta di September 2018.

Inflasi terkendali dan peran BPNT

 

dpp1Merujuk data BPS, Indeks Harga Konsumen (IHK) selama Maret–September hanya beranjak 0,94%. Harga eceran beberapa komoditas pokok malah mengalami penurunan, yakni beras (3,28%), daging sapi (0,74%), minyak goreng (0,92%), dan gula pasir (1,48%).

Meskipun dari Maret hingga September 2018, garis kemiskinan meningkat dari Rp 401.220 per kapita per bulan menjadi Rp 410.670 per kapita per bulan atau naik 2,3%. Namun, belanja masyarakat 10% termiskin selama periode itu tumbuh lebih tinggi. Efeknya, sebagian dari mereka keluar dari kemiskinan.

Selain inflasi terkendali, menurut Denni, perubahan program pembagian beras miskin (raskin) menjadi Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) juga sangat membantu penurunan angka kemiskinan. Sebab, dengan BPNT, bantuan akan lebih tepat sasaran, tidak seperti sebelumnya bagi rata. Penerima bantuan ditransfer uang Rp110.000 per bulan dan bisa membeli sendiri beras dan telur di warung yang mereka pilih. Warung pun bebas memilih pemasok telur dan beras, bisa langsung dari petani dan peternak telur di desa tersebut. Dengan demikian, aktivitas ekonomi pedesaan pun bergerak lebih hidup.

Lebih jauh, doktor ekonomi dari University of Colorado at Boulder, Amerika Serikat tersebut mengatakan, penurunan angka kemiskinan Maret-September juga didukung kombinasi faktor-faktor yang dapat mengungkit ekonomi secara menyeluruh serta perbaikan nilai tukar petani dan upah buruh tani.

Menurut BPS, periode Maret hingga September 2018, upah riil buruh tani naik 1,6%. Adapun, nilai tukar petani pun meningkat 1,21%.

Senada dengan Denni, Direktur Riset Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, program keluarga harapan (PKH), dana desa, dan berbagai program bantuan lainnya yang dijalankan pemerintah turut berperan menurunkan angka kemiskinan. Namun, Faisal mengingatkan, perlu dilakukan perbaikan data terus-menerus sehingga aneka program bantuan sosial ini semakin tepat sasaran.

Memperkecil disparitas

Baik di perkotaan maupun pedesaan, angka kemiskinan mengalami penurunan. Namun angka kemiskinan di perkotaan hanya 6,89%, sedangkan di pedesaan mencapai 13,1%.

Menurut Denni, disparitas angka kemiskinan di desa dan kota itu bisa terjadi lantaran lokasi-lokasi desa yang sangat tersebar. Desa yang berada di dekat perkotaan, angka kemiskinannya cenderung lebih rendah. Hipotesisnya, mereka yang dekat dengan perkotaan bisa bergabung dengan arus perkembangan ekonomi. Sementara, desa yang terletak jauh dari perkotaan, seperti di pegunungan atau pulau terpencil sulit. “Untuk desa-desa seperti ini, tentu perlu extra efforts,” imbuh alumni University of Illinois at Urbana-Champaign ini.

Berdasarkan angka kemiskinan per pulau, Pulau Jawa memiliki jumlah orang miskin paling banyak, yakni 13,19 juta orang. Namun, secara persentase, angka kemiskinan di Jawa hanya 8,79% dari total penduduk Jawa. Sebaliknya, persentase orang miskin terbesar berada di Pulau Maluku dan Papua, yakni 20,94%. Artinya, satu dari lima orang Maluku-Papua miskin—meskipun secara jumlah, jauh lebih sedikit dibandingkan Pulau Jawa.

Tentu saja, bukan perkara mudah untuk menurunkan angka kemiskinan di Maluku-Papua. Sebab, secara geografis, Maluku merupakan wilayah kepulauan. Sementara, Papua khususnya daerah pegunungan tengah masih sulit aksesnya. Oleh karena itu, Denni menjelaskan, langkah pertama yang menjadi prioritas pemerintah adalah membuka akses dengan pembangunan infrastruktur.

“Namun, pembangunan infrastruktur saja tentu tidak cukup. Harus ada pelayanan publik yang hadir di sana, seperti guru, dokter, dan seterusnya,” kata akademisi UGM ini.

Denni menambahkan, pengentasan kemiskinan di Maluku-Papua ini bukan soal hitung-hitungan uang atau investasi. Juga, bukan soal hitungan politik. Sebab, jika demikian, tentu pemerintah akan lebih memprioritaskan Jawa, yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi dan jumlah pemilihnya besar. “Pemerintahan Jokowi melakukan ini karena visi pembangunan yang Indonesia sentris, bukan Jawa sentris,” kata Denni.

Menjaga stabilitas harga pangan

Mengingat korelasi yang erat antara stabilitas harga pangan dengan tingkat kemiskinan, pemerintah menyadari pentingnya menjaga stabilitas harga pangan. Menurut Denni, yang pernah menjadi asisten staf khusus Wakil Presiden Boediono, pemerintah akan melanjutkan beberapa kebijakan.

Pertama, memperbaiki logistik. Ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Jalan tol, misalnya, akan meniadakan pungli, bajing loncat serta mempercepat akses pengiriman barang dari desa ke kota, sehingga ongkos distribusi menjadi lebih murah.

Kedua, reformasi struktural, seperti meningkatkan ease of doing business, termasuk mempermudah perizinan, sehingga biaya untuk melakukan produksi turun. Ketiga, meningkatkan iklim kompetisi. Sebab, tanpa kompetisi, tidak ada upaya untuk mengefisienkan produksi.

Keempat, operasi pasar di kota-kota besar yang memiliki pengaruh besar terhadap inflasi dan garis kemiskinan. Beras, misalnya, punya pengaruh 25,51% terhadap garis kemiskinan di pedesaan dan 19,54% di perkotaan. Saat ini Bulog memiliki cadangan beras yang cukup untuk Januari hingga panen raya Maret mendatang.

Dengan perbaikan terus-menerus, Denni optimistis, stabilitas harga pangan bisa tetap terjaga dan angka kemiskinan akan terus menurun.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/stabilitas-harga-terjaga-kemiskinan-terus-menurun/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP1.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,12221,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Stabilitas Harga Terjaga, Kemiskinan Terus Menurun - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Stabilitas Harga Terjaga, Kemiskinan Terus Menurun - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP1.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2019/01/stabilitas-harga-terjaga-kemiskinan.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2019/01/stabilitas-harga-terjaga-kemiskinan.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy