LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Deputi III KSP Paparkan Proyeksi dan Peluang Ekonomi 2019 - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

JAKARTA – Ekonomi Indonesia diperkirakan bisa tumbuh 5,3% pada tahun 2019, ditopang oleh belanja masyarakat dan investasi. Dari sisi investa...

JAKARTA – Ekonomi Indonesia diperkirakan bisa tumbuh 5,3% pada tahun 2019, ditopang oleh belanja masyarakat dan investasi. Dari sisi investasi, Indonesia bisa memanfaatkan peluang yang muncul karena perang dagang, terutama antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis, Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari menyebut, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% tersebut sesuai dengan target yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. “Sementara, sampai akhir 2018, ekonomi diperkirakan tumbuh 5,2%,” imbuhnya saat wawancara dengan CNN Indonesia Business, yang ditayangkan pada Selasa, 1 Januari 2019.screen-shot-2019-01-01-at-18-26-51

Dalam kesempatan berbeda, Tenaga Ahli Utama Kedeputian III KSP Tri Yanuarti mengatakan, belanja pemerintah dan belanja masyarakat saat liburan Natal dan Tahun Baru akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi pada akhir kuartal keempat. “Sehingga ekonomi masih bisa tumbuh sedikit lebih baik daripada kuartal sebelumnya,” ujar Tri dalam program Closing Bell di CNBC Indonesia, yang ditayangkan 28 Desember lalu.

Pada kuartal ketiga, ekonomi Indonesia tumbuh 5,17% atau lebih tinggi daripada konsensus pelaku pasar. Konsumsi menyumbang 55,26% terhadap produk domestik bruto (PDB), sedangkan investasi berkontribusi 32,12%.

Pada tahun ini, baik Denni maupun Tri menyebut, konsumsi dan investasi masih akan menjadi penggerak utama perekonomian Indonesia. Dari sisi konsumsi, baik belanja pemerintah maupun masyarakat diperkirakan meningkat selama tahun pemilu 2019.

Sementara dari sisi investasi, pemerintah optimistis menggaet lebih banyak investasi asing seiring dengan kondisi infrastruktur yang sudah membaik berkat pembangunan gencar selama periode pertama pemerintahan Joko Widodo. Memang, hingga kuartal III – 2018, penanaman modal asing (PMA) turun 20% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Namun, pada saat yang sama, penanaman modal dalam negeri (PMDN) meningkat 30%. Artinya, keyakinan pengusaha lokal terhadap kondisi di dalam negeri masih tinggi. Diharapkan, investor asing juga akan mengikuti optimisme investor lokal ini.tri2

Perang dagang menjadi salah satu penyebab turunnya investasi asing, bukan saja di Indonesia, tapi juga global. Pasalnya, investor masih gagap dan khawatir menyikapi kondisi yang di luar dugaan ini.

Akibat perang dagang, secara umum, ekonomi global tumbuh lebih lambat dari perkiraan awal. Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 dari 5,3% menjadi 5,2%. Dana Moneter Internasional (IMF) pun merevisi dari 5,3% menjadi 5,1%.

Tahun ini, persoalan perang dagang masih akan menjadi tantangan bagi perekonomian Indonesia. Apalagi, Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Namun, perang dagang ini sebenarnya juga melahirkan peluang baru bagi Indonesia, karena adanya trade diversion. Artinya, bagi konsumen AS barang dari China sekarang lebih mahal akibat tarif dan mereka bisa beralih ke barang dari Indonesia.

“Kita melakukan approach dengan investor asing yang nervous, yang tadinya mau masuk ke China tapi tidak jadi atau yang sudah keluar dari China karena situasi ini. Barangkali sebagian mungkin bisa (dialihkan) ke Indonesia,” kata Denni, yang meraih doktor ekonomi dari University of Colorado at Boulder ini.

Selain itu, untuk menjaga dan meningkatkan kinerja ekspor di luar China, pemerintah mendorong dan membantu pengusaha mencari pasar baru di luar pasar tradisional tersebut. “Kita mencari pasar yang lain, misalnya Pakistan,” lanjut Denni.

CAD bakal turun

Di luar perang dagang, Denni tak menampik, yang masih menjadi persoalan ke depan adalah current account deficit (CAD) atau defisit transaksi berjalan. Namun, ia menegaskan bahwa CAD merupakan persoalan struktural yang telah berlangsung sejak 2011. “Tidak ada jalan pintas untuk menyelesaikan CAD ini,” ungkap akademisi Universitas Gadjah Mada ini.

CAD juga sebagian disebabkan oleh aspirasi bersama untuk melakukan hilirisasi hasil tambang kita. Ekspor bijih melambat, dan perusahaan tambang diwajibkan membangun smelter. Pajak ekspor dan aturan LC untuk beberapa komoditas juga memperlambat ekspor namun penting untuk alasan kelestarian alam, integritas, maupun penyeimbangan pasar. “Pertumbuhan kita bisa dikatakan punya integritas yang lebih baik,” imbuh Denni, yang sebelumnya bekerja sebagai Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Boediono.screen-shot-2019-01-01-at-18-26-38

Menurut Tri, pembangunan infrastruktur yang masif beberapa tahun belakangan ini juga dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia. Dengan infrastruktur yang lebih baik, kawasan industri baru bisa berkembang dan biaya logistik bisa lebih rendah. “Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur fisik akan terus dilanjutkan, dengan juga fokus membangun sumber daya manusia,” kata Tri.

Denni memperkirakan, impor tahun ini tidak akan terlalu besar, sehingga defisit transaksi berjalan juga akan menurun. “Defisit APBN turun dari 2,1% jadi 1,8%. CAD juga akan menyempit. Tahun ini (2018) masih mungkin di bawah 3%, tahun depan (2019) diperkirakan 2,8%, bahkan 2,5%,” beber peraih gelar master kebijakan ekonomi di University of Illinois at Urbana-Campaign ini.

Karena transaksi berjalan masih defisit, Rupiah diperkirakan akan melemah tipis. Namun Denni mengingatkan bahwa Rp15.000 per dolar AS bukanlah estimasi atau kurs yang menjadi target pemerintah. “Kebijakan nilai tukar ada di Bank Indonesia. Lima belas ribu per dolar hanyalah asumsi yang dipakai pemerintah untuk menghitung APBN karena sebagian penerimaan dan pengeluaran pemerintah dalam valas,” terang mantan konsultan Bank BCA Tbk ini.

Denni yakin, target pertumbuhan ekonomi 5,3% pada 2019 bisa dicapai asalkan stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga selama tahun pemilu ini. “Saya optimis masyarakat sudah semakin dewasa dalam menanggapi noise dan voice yang beredar di media sosial dan media mainstream,” pungkas dia.

 



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/deputi-iii-ksp-paparkan-proyeksi-dan-peluang-ekonomi-2019/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/01/Screen-Shot-2019-01-01-at-18.26.51.png

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,11329,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Deputi III KSP Paparkan Proyeksi dan Peluang Ekonomi 2019 - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Deputi III KSP Paparkan Proyeksi dan Peluang Ekonomi 2019 - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/01/Screen-Shot-2019-01-01-at-18.26.51.png
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2019/01/deputi-iii-ksp-paparkan-proyeksi-dan.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2019/01/deputi-iii-ksp-paparkan-proyeksi-dan.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy