LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Presiden Tegaskan Pentingnya Indonesia Lakukan Hilirisasi Industri - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

BANDAR LAMPUNG- Saat menghadiri acara peresmian pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad Ke-28 Ikatan Cendikiawan Muslim In...

BANDAR LAMPUNG- Saat menghadiri acara peresmian pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad Ke-28 Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Tahun 2018, Presiden Joko Widodo mengungkapkan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan mengajak para cendekiawan untuk bersama-sama mencari solusinya.

Sebagai negara besar, Indonesia memiliki kapasitas potensial yang sebetulnya sangat besar, misalnya sumber daya alam seperti batu bara, bauksit, dan kelapa sawit. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, diperlukan terobosan-terobosan seperti hilirisasi industri.

"Saya ambil contoh saja bauksit. Setiap tahun jutaan ton bauksit mentah kita ekspor dengan harga USD35 per ton. Di sisi lain, kita ini lucu, pabrik aluminium kita tiap tahun mengimpor ratusan ribu ton alumina yang merupakan produk hilir dari bauksit. Coba kalau dari dulu kita memiliki industri alumina maka impor itu tidak usah terjadi," ujar Presiden di Mahligai Agung Convention Hall, Universitas Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, pada Kamis, 6 Desember 2018.

Sebagai salah satu negara produsen minyak Presiden juga memandang pentingnya Indonesia membangun refinery. Tujuannya agar Indonesia bisa memurnikan sendiri minyaknya sehingga tidak perlu mengekspor terlalu banyak minyak mentah.

silaknas-dan-milad-icmi-2018-11-2

"Juga menghilirisasikan menjadi produk yang lain seperti petrokimia karena kita sekarang ini masih mengimpor jutaan ton produk-produk petrochemical," lanjutnya.

Tidak hanya minyak, Presiden juga menyoroti pentingnya hilirisasi di industri batu bara. Menurutnya, setiap tahun Indonesia menghasilkan 480 juta ton batu bara di mana sekitar 80 juta ton dipakai oleh PLN dan sisanya diekspor dalam bentuk mentah. Padahal dengan teknologi sekarang ini, dengan hilirisasi dan industri, bisa diperoleh turunan dari batu bara ini yaitu LPG, dimethyl ether, avtur, dan solar.

"Kita ini mengimpor 4 juta ton LPG. Kita memiliki bahan mentahnya, tapi kita mengimpor LPG nya 4 juta ton. Kenapa berpuluh tahun kita bermasalah karena hal-hal yang seperti tadi saya sebutkan," imbuhnya.

Demikian halnya dengan industri kelapa sawit di mana Indonesia sebagai produsen terbesar di dunia. Berdasarkan data yang diterima Kepala Negara, Indonesia memproduksi 42 juta ton kelapa sawit saat ini. Namun, Indonesia selalu menjualnya dalam bentuk bahan mentah.

"Padahal ini yang sudah kita mulai, kita industrialisasi dan hilirisasi, kita bisa menghasilkan solar. Yang telah kita coba sekarang ini solar B20. Dan ke depan kita akan menuju kepada B50, B80, dan B100 sekalian dari CPO minyak kelapa sawit kita agar impor solar bisa kita kurangi," tuturnya.

silaknas-dan-milad-icmi-2018-17

Hilirisasi industri nikel juga menjadi bahasan Presiden dalam pertemuan ini. Menurutnya, setiap tahun jutaan ton nikel mentah diekspor dengan harga kurang lebih USD30 per ton. Padahal, dengan hilirisasi industri, nikel bisa menjadi feronikel yang memiliki nilai tambah empat kali lipat.

"Kalau kita bangun hilirisasi industri nikel 100 persen dari dulu, GDP Indonesia dari nikel akan naik empat kali lipat atau naik 400 persen. Ini sebuah kenaikan yang tinggi sekali. Ini yang mungkin nanti insyaallah dalam dua tahun ini akan selesai kita kerjakan mengenai hilirisasi industri nikel kita," imbuhnya.

Presiden memandang jika terobosan seperti hilirisasi industri tersebut bisa dikerjakan, maka impor bisa dipangkas dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi salah satu masalah dalam bidang ekonomi, yaitu defisit transaksi berjalan atau current account deficit.

"Kalau kita bisa menghindari ini (defisit transaksi berjalan), bisa menyelesaikan ini, kita juga bisa menghindarkan diri dari middle income trap sehingga melompat ke sebuah negara maju akan lebih mudah," tandasnya.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/presiden-tegaskan-pentingnya-indonesia-lakukan-hilirisasi-industri/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/12/Silaknas-dan-Milad-ICMi-2018-11.2.jpg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,10356,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Presiden Tegaskan Pentingnya Indonesia Lakukan Hilirisasi Industri - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Presiden Tegaskan Pentingnya Indonesia Lakukan Hilirisasi Industri - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/12/Silaknas-dan-Milad-ICMi-2018-11.2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/12/presiden-tegaskan-pentingnya-indonesia.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/12/presiden-tegaskan-pentingnya-indonesia.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy