LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Pimpin Rakor Pangan, Moeldoko Minta Harga Beras Bisa Turun Lagi - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

JAKARTA - Menghadapi musim penghujan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta seluruh instansi terkait kebijakan pangan fokus menjaga stab...

JAKARTA - Menghadapi musim penghujan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta seluruh instansi terkait kebijakan pangan fokus menjaga stabilitas harga bahan pokok. Moeldoko menyampaikan hal ini saat memimpin rapat koordinasi pangan di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh para pejabat dari sejumlah instansi terkait, yaitu Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Badan Pusat Statistik (BPS), Sekretariat Kabinet, dan Bulog.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bulog yang telah berhasil menjaga harga beras. Saya minta ini dijaga, kalau bisa, diturunkan lagi,” tegas Moeldoko, yang didampingi Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis Denni Puspa Purbasari.

Menurut Moeldoko, selama musim penghujan yang diperkirakan berlangsung hingga Maret nanti, beberapa bahan pokok berisiko mengalami lonjakan harga, terutama beras, telur, daging ayam, bawang merah, dan cabai. Penyebabnya adalah produksi yang lebih rendah karena faktor musim. termasuk ayam yang lebih rentan terkena penyakit di musim hujan. rak2

Saat ini jumlah penduduk miskin Indonesia memang sudah di bawah 10 persen. Namun, menurut Moeldoko, di atas itu masih banyak masyarakat near poor yang sensitif terhadap perubahan harga bahan pokok.

“Jadi bisa berisiko miskin lagi. Itu kenapa saya rewel banget soal harga ini. Jadi, kita fokus kerja di situ. Jangan ke mana-mana,” ujar dia.

Fokus pada beras

Dalam rapat koordinasi ini, beras menjadi perhatian utama. Moeldoko mengapresiasi harga beras yang sudah mulai turun. Namun, dari 82 kota yang menjadi sampel BPS untuk penghitungan inflasi, hanya empat kota yang harga berasnya di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Oleh karena itu, Moeldoko meminta Bulog lebih agresif menggelar operasi pasar. Apalagi, saat ini Bulog memiliki cadangan beras dari impor cukup banyak, yakni sekitar 2,2 juta ton. “Jadi Bulog sekarang guyur ke pasar jangan incrit-incrit begitu,” kata Moeldoko.

Merujuk data BPS, tahun ini harga beras tertinggi terjadi di bulan Januari. Saat itu, Bulog menggerojok pasar dengan volume beras sangat besar, yakni di atas 10.000 ton per hari hingga Februari. Bahkan, sempat mencapai 13.000 ton. “Berdasarkan ini, kalau Bulog menggelontorkan beras ke pasar, terutama di kota-kota yang dipantau BPS, pengalaman menunjukkan kita bisa menurunkan harga,” kata Tjahya Widayanti, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan.

Untuk menjaga inflasi, Denni Purbasari mengarahkan agar semua berfokus pada ‘pembeli-pembeli besar’. Yaitu, DKI Jakarta, yang merupakan penyumbang 20 persen inflasi nasional dan kota-kota besar penyumbang inflasi. Bulog diimbau menggelar operasi pasar lebih masif, baik langsung ke pasar maupun lewat lebih banyak pedagang dan distributor.

Deputi Perekonomian Sekretaris Kabinet Satya Bhakti Parikesit sepakat bahwa kota-kota besar, terutama di mana harga beras belum sesuai HET, harus menjadi fokus operasi pasar Bulog.

"Arahan Presiden, yang penting harga stabil. Kalau lihat data dari September, memang kecenderungan harga naik. Karena itu, Bapak Presiden selalu menyampaikan, kita harus melakukan langkah-langkah yang tidak biasa,” katanya.trak3

Rapat juga menyinggung agar usulan menaikkan harga pokok penjualan (HPP) yang sebaiknya ditunda dulu. Petani saat ini bisa menjual di pasar dengan harga lebih tinggi daripada HPP. Kenaikan HPP hanya akan mendorong inflasi, sehingga kontraproduktif dengan upaya menekan inflasi.

Adapun, untuk bawang merah dan cabai, harga biasanya naik di musim penghujan karena produksi menurun. Terkait ini kebutuhan beberapa perusahaaan makanan olahan besar perlu dicarikan solusi agar mereka punya akses bahan baku, tanpa mengurangi pasokan atau menggerek harga di pasar tradisional, yang biasanya untuk kebutuhan ibu-ibu rumah tangga.

Kantor Staf Presiden akan kembali menggelar rapat koordinasi pada Februari nanti untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok ini. Diharapkan, inflasi akan tetap stabil di bawah 3,5 persen pada 2019.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/pimpin-rakor-pangan-moeldoko-minta-harga-beras-bisa-turun-lagi/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/12/Rak2.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,11329,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Pimpin Rakor Pangan, Moeldoko Minta Harga Beras Bisa Turun Lagi - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Pimpin Rakor Pangan, Moeldoko Minta Harga Beras Bisa Turun Lagi - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/12/Rak2.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/12/pimpin-rakor-pangan-moeldoko-minta.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/12/pimpin-rakor-pangan-moeldoko-minta.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy