LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Cara Beragama Kita Menentukan Masa Depan Indonesia - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

YOGYAKARTA - Indonesia merupakan negara yang berdasarkan Pancasila. Sila pertama dari Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini menjadi ...

YOGYAKARTA - Indonesia merupakan negara yang berdasarkan Pancasila. Sila pertama dari Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini menjadi penegasan bahwa agama menjadi faktor yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Tapi, perlu dicatat bahwa agama tidak menentukan masa depan Indonesia, yang sangat menentukan adalah bagaimana cara beragama kita. Cara bergama yang toleran, damai, elegan, bermartabat, dan berkemajuan akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut menjadi contoh di antara negara-negara lain yang berpenduduk Muslim.

Demikian salah satu poin penting yang disampaikan para pembicara dalam ‘Halaqoh Kebangsaan Menuju Indonesia Berkemajuan’, Rabu - Jumat, 21-23 November 2018 di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan UMY. Hadir sebagai pembicara antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Jenderal Purn Wiranto, Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof Dr Abdul Munir Mulkhan, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang diwakili Asisten Perencanaan dan Anggaran Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, MSi.

Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden, Abd Rohim Ghazali yang ikut hadir dalam halaqoh merasa optimistis bahwa Indonesia ke depan akan lebih baik karena dipenuhi orang-orang yang berpikiran maju dan terbuka seperti tokoh-tokoh yang hadir dan berbicara dalam halaqoh.

Rohim menjelaskan, keutuhan Indonesia harus dijaga, dan salah satu caranya adalah dengan mengembangkan wacana yang positif dan konstruktif, termasuk dalam mengembangkan wacana beragama seperti yang dipaparkan dalam forum halaqoh kebangsaan.

Sementara itu,Abdul Munir Mulkhan menekankan, cara beragama yang toleran perlu dikembangkan karena Indonesia merupakan negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi termasuk dalam hal beragama.

“Yang menentukan kita masuk surga atau tidak bukan agama, tapi bagaimana cara beragama kita,” demikian tegas Abdul Munir Mulkhan. Menurut Munir, dalam beragama, umat Islam di Indonesia harus toleran dan inklusif baik dalam pemikiran maupun tindakan.

Munir mencontohkan, Muhammadiyah, meskipun dikenal sebagai organisasio Islam, tapi dalam menjalankan amal usahanya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial sangat terbuka, tidak membeda-bedakan suku, agama, ras maupun golongan. Siapa pun boleh masuk sekolah-sekolah Muhammadiyah. Dan, pendidikan Muhammadiyah tidak akan mengubah agama siapa pun yang menimba ilmu di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Yang Kristen akan tetap Kristen, yang Katolik akan tetap Katolik, yang Hindu tetap Hindu, yang Budha tetap Budha, bahkan yang NU pun tidak harus menjadi Muhammadiyah,” papar Munir.

Selain toleran, yang harus dikembangkan adalah cara beragama yang damai. Umat Islam harus menonjolkan sisi kedamaian agamanya karena Islam itu sendiri artinya damai. Islam diturunkan untuk membawa rahmat, bukan laknat. Islam juga hadir untuk menjaga perdamaian dan keharmonisan, bukan permusuhan. Berpeda pendapat boleh saja, berbeda pilihan politik silahkan, tapi jangan perbedaan itu membuat kita terpecah-pecah. Umat Islam Indonesia harus menampilkan Islam yang elegan, bermartabat, dan berkemajuan.

Umumnya pembicara merisaukan tentang kondisi Indonesia saat ini, terutama dalam menghadapi tahun politik yang mudah sekali membuat berselisih disebabkan karena perbedaan pilihan politik, terutama di sosial media. Dalam menyikapi perbedaan ini, agama juga ikut dibawa-bawa, seolah-olah kalau memilih capres bisa menentukan seseorang masuk surga atau tidak. “Padahal tidak ada hubungannya,” tandas Munir. Tapi, menurutnya, kalau kita salah memilih pemimpin nasional, mungkin saja Indonesia akan terpecah-pecah. “Jadi memilih pemimpin nasional yang tepat juga penting sebagai bagian dari upaya menjaga keutuhan bangsa.”abd2

Mewakili Jenderal Pol Tito Karnavian, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, mengatakan bahwa ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangasa Indonesia, ada faktor internal dan eksternal. Persoalan-persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan cara mengidentifikasi tidak hanya persamaan-persamaan dalam masyarakat melainkan juga perbedaan-perdaannya. Lalu dari hasil identifikasi tersebut harus lebih banyak ditonjolkan persamaannya.

Menurut Gatot, perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat memang sangat berpotensi menjadi penyebab perpecahan. Di negara-negara Timur Tengah yang saat ini terjadi perang saudara masyarakatnya hanya terdiri, paling tidak tujuh suku, mereka bisa konflik. Apalagi di Indonesia yang suku-sukunya lebihnya, jadi potensinya lebih. Hal yang paling memungkinkan untuk meredam konflik dalam masyarakat bisa diminimalisir apabila semua kalangan ikut mengkampanyekan, terutama tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh cukup besar dalam suatu kelompok masyarakat.

Untuk tetap menjaga keutuhan Indonesia sebagai bangsa besar yang majemuk, selain harus memilih pemimpin nasional yang tepat seperti disampaikan Munir Mulkhan, Wiranto meminta semua pihak, terutama mahasiswa, untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang menjadi sumber kedaulatan dan kemerdekaan.

Menurut Wiranto, persatuan tidak lahir sendiri di masyarakat, melainkan lewat perencanaan dan harus diperhitungkan dengan baik. Hal inilah yang ditempuh oleh para pendiri bangsa.

Menko Polhukam menjelaskan, tiga kunci menjaga persatuan.“Pertama kesadaran untuk bersatu. Kedua, harus ada pengorbanan untuk mencapai kesatuan. Terakhir, terus menghadirkan sikap toleransi terhadap semua perbedaan,” katanya.

Menurutnya, tiga modal ini sebenarnya dimiliki bangsa ini sejak dulu. Namun sekarang ada beberapa pihak atau kelompok yang ingin merusaknya.

“Sekarang saya bertanya pada mereka yang berusaha merusak persatuan bangsa ini, apa yang sudah mereka lakukan untuk bangsa ini?” ujarnya.

 

 



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/cara-beragama-kita-menentukan-masa-depan-indonesia/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/11/ABD2.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,10372,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Cara Beragama Kita Menentukan Masa Depan Indonesia - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Cara Beragama Kita Menentukan Masa Depan Indonesia - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/11/ABD2.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/11/cara-beragama-kita-menentukan-masa.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/11/cara-beragama-kita-menentukan-masa.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy