LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Mengangkat Ekonomi Papua Lewat Komoditas Lokal - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

JAKARTA - Melibatkan berbagai pihak, terutama masyarakat dalam mengembangkan potensi komoditas lokal menjadi kunci kemajuan berkesinambungan...

JAKARTA - Melibatkan berbagai pihak, terutama masyarakat dalam mengembangkan potensi komoditas lokal menjadi kunci kemajuan berkesinambungan. Cara ini dikenal sebagai Private Public People Partnership (P4).

Hal di atas dikemukakan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen (TNI) Doni Monardo di Bina Graha, Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

Doni datang untuk menyampaikan laporan tentang pemberdayaan ekonomi di tanah Papua. Salah satunya mengangkat potensi sagu menjadi tepung untuk berbagai bahan makanan. Tidak hanya diolah menjadi Papeda (makanan bubur sagu khas Maluku dan Papua).

“Bayangkan di Papua ada 5,2 juta lahan sagu. Jika dalam satu hektar ada 600 batang pohon sagu, maka ada tiga miliar batang yang per tahun bisa menghasilkan 35-40 juta ton sagu,” jelasnya.

Untuk itu, tim Wantanas mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergerak bersama. Mulai dari kementerian, lembaga, LSM, aktivis masyarakat, swasta yang bergerak di sektor komoditas untuk bahu-membahu memanfaatkan potensi yang luarbiasa ini.

Sebagai bukti, sagu bisa diolah menjadi bermacam bahan makanan, tim sagu dari Riau menyajikan mie berbahan sagu dengan lauk teri yang disajikan dalam pertemuan itu.

wan3Selain sagu, tanah Papua ternyata kaya dengan komoditas pangan dan hortikultura. Mulai dari kopi yang ada di Tiom, Lanny Jaya. Juga hasil laut, macam lobster, udang, dan kepiting di Sorong. “Kopi Tiom ternyata punya nilai ekonomi yang tinggi. Harganya Rp 5,3 juta per kilogram,” ungkap Doni.

Berbagai potensi yang masih terpendam tersebut butuh segera diangkat dan diolah untuk mensejahterakan masyarakat Papua. “Apa yang kami lakukan sederhana, di mana ada sebuah program yang nyata dan bisa diberikan pada masyarakat Papua. Dan kami belum menyentuhnya,” terang Doni.

Langkah ini, menurut salah seorang yang aktif dalam pemberdayaan masyarakat Papua adalah sarana untuk merangkul, bahwa mereka adalah bagian dari Republik. Dan masih ada harapan yang bisa dibangun. “Yang dibutuhkan rakyat Papua hanyalah perhatian,” katanya sambil terisak.

Dalam tanggapannya Kepala Staf berharap agar berbagai kegiatan on farming tersebut bisa ditindaklanjuti dengan langkah off farming. “Pertanyaannya, setelah itu bagaimana. Off farmingnya seperti apa?” ungkapnya.

Untuk itu Moeldoko menyarankan empat hal agar kegiatan on farming (tanam-panen) dan off farming (panen-pemasaran) bisa berjalan seiring dan memberi nilai tambah.

Pertama mengubah pola pikir. Bagi petani yang sudah puluhan tahun bergelut dengan komoditas perlu diberi contoh langsung. “Seeing is believing. Melihat, percaya, dan mengikuti,” jelasnya.

Itulah sebabnya, keterlibatan pengusaha dalam Program Papua ini diapresiasi. Ini menjadikan kedua kegiatan tersebut bisa berjalan seiring.

Kedua, dalam kegiatan pasca panen, skill menjadi faktor penting. Yakni bagaimana memperlakukan produk setelah dipanen. Apalagi berkaitan dengan makanan yang sangat sensitif.

wan2Ketiga adalah mencari pasar. Disarankan untuk mengembangkan pasar lewat jaringan pemasaran digital atau e-commerce. Dicontohkan bagaimana mereka yang masuk ke dalam lingkup ini, pasarnya bisa mendunia. “Saya ada contoh, seorang perajin di Yogya, setelah masuk e-commerce, penjualannya meningkat pesat dari 10 unit menjadi 50 ribu unit,” ungkap Moeldoko. didampingi Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM Jaleswari Pramodhawardani.

Terakhir adalah mengembangkan merek yang meliputi logo, kemasan, dan keunggulan dari produk itu sendiri.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/mengangkat-ekonomi-papua-lewat-komoditas-lokal/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Wan3.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,9831,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Mengangkat Ekonomi Papua Lewat Komoditas Lokal - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Mengangkat Ekonomi Papua Lewat Komoditas Lokal - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Wan3.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/10/mengangkat-ekonomi-papua-lewat.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/10/mengangkat-ekonomi-papua-lewat.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy