LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Manajemen Sungai Terpadu untuk Indonesia yang Lebih Bersih - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

JAKARTA-  Sebanyak 35 orang peserta Reform Leader Academy (RLA) angkatan XII LAN berkunjung ke Kantor Staf Presiden memaparkan hasil diklat ...

JAKARTA- Sebanyak 35 orang peserta Reform Leader Academy (RLA) angkatan XII LAN berkunjung ke Kantor Staf Presiden memaparkan hasil diklat tentang Manajemen Sungai Terpadu dengan contoh kasus Manajemen Sungai Citarum dan Ciliwung. RLA adalah sebuah diklat yang yang  membentuk agents of change atau pemimpin perubahan dalam tema yang sudah dipilih setiap angkatannya. Dalam diskusi ini, peserta RLA menawarkan suatu program manajemen sungai dengan tajuk One River One Management (OROM). Acara tersebut dipimpin oleh Deputi II KSP Yanuar Nugroho dan Kepala Pusdiklat LAN DR. Basseng.

Manajemen Sungai dipilih dijadikan topik karena banyaknya kondisi sungai di Indonesia yang tercemar dan kualitas airnya sangat buruk. Dalam paparan Ketua Kelas Sdr Bayu Aji  dijelaskan bahwa Sungai Citarum dikenal sebagai sungai terkotor di dunia dengan banyaknya sampah yang menghasilkan polusi. Padahal sungai tersebut berfungsi sebagai sumber air minum untuk penduduk Jakarta dan Jawa Barat. Dan Sungai Ciliwung terkenal dengan banjir tahunannya dan padatnya pemukiman di bantaran sungai. Oleh karena itu kedua sungai ini menjadi sangat penting untuk dijaga bagi kelangsungan hidup masyarakat.

whatsapp-image-2018-09-05-at-13-02-23

“Permasalahan sungai tidak bisa dianggap sepele, karena sebagian masyarakat hampir menggantungkan kehidupannya pada sungai. Terlebih lagi masyarakat menggunakan sungai untuk dijadikan sumber air minum” kata Bayu Aji, Selasa 4 September 2018.

Lebih lanjut Bayu Aji memaparkan sebuah cara manajemen sungai terpadu yang diberi tajuk OROM. Manajemen OROM ini mengajukan  beberapa solusi kepada pemerintah pusat sebagai stakeholder utama dalam manajemen sungai agar lebih memperhatikan pemberdayaan sungai yang ada di Indonesia, terutama untuk Sungai Citarum dan Sungai Ciliwung.

Yanuar Nugroho menyampaikan bahwa masalah sungai adalah masalah ekosistem, sehingga dalam menyusun kebijakan pengelolaan sungai harus berbasis ekologi/ ekosistem bukan berbasis administrasi wilayah. Hendaknya dalam menyusun usulan Kebijakan ini harus mempunyai 3 landasan berpikir yaitu; (1) kerangka institusi, (2) kerangka regulasi dan (3) kerangka akuntabilitas serta didukung komitmen politik yang kuat di daerah. Kemudian Yanuar menambahkan untuk memastikan suatu program layak untuk dilaksanakan maka harus jelas tujuan dari program itu, dan cara mencapai tujuan tersebut.

whatsapp-image-2018-09-05-at-13-01-05-1

Persoalan dampak dari erosi dan polusi sungai terhadap lingkungan sekitar tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Terlebih lagi, banyak sungai yang merugikan masyarakat yang bermukim di sekitar sungai.

“Saya berharap, program ini dapat dipersiapkan lebih matang lagi agar bisa membuat sungai khususnya di Jakarta dan Jawa Barat lebih baik” Ucap Yanuar.

Sebelum menutup diskusi bersama ini, Yanuar menegaskan pentingnya paradigma money follows programs not money follows functions. Maksudnya adalah agar program/ kebijakan yang diusulkan dapat dijalankan dan jelas kerangka akuntabilitasnya.

Dalam diskusi peserta menyampaikan kondisi saat ini yang dihadapi di lapangan dan harapan-harapan ke depan dengan diadopsinya OROM tersebut.

whatsapp-image-2018-09-05-at-13-01-05

Diskusi kemudian ditutup dengan tanggapan dari DR. Basseng yang menyatakan bahwa walaupun diklat akan berakhir keesokan hari, tapi tetap akan ada wadah / grup alumni sehingga perbaikan dan revisi dari usulan kebijakan tetap bisa dilakukan. Dan beliau menegaskan bahwa para peserta tetap bersedia dan semangat.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/manajemen-sungai-terpadu-untuk-indonesia-yang-lebih-bersih/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/09/WhatsApp-Image-2018-09-05-at-13.02.23.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,9013,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Manajemen Sungai Terpadu untuk Indonesia yang Lebih Bersih - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Manajemen Sungai Terpadu untuk Indonesia yang Lebih Bersih - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/09/WhatsApp-Image-2018-09-05-at-13.02.23.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/09/manajemen-sungai-terpadu-untuk.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/09/manajemen-sungai-terpadu-untuk.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy