LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






5 Cerita fantastis Mentan Amran soal terwujudnya swasembada pangan di era Jokowi - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah

Foto: Merdeka.com Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, kebijakan Kementan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pang...

Foto: Merdeka.com

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, kebijakan Kementan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di 2045 sedikit demi sedikit telah dapat dibuktikan. Hal tersebut terbukti dengan capaian ekspor sub sektor peternakan di Indonesia cukup fantastis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pencapaian nilai ekspor komoditas sub sektor peternakan tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 14,85 persen dibandingkan tahun 2016. Nilai ekspor USD 623,9 juta atau setara dengan Rp 8,5 triliun yang telah diraih pada 2017.

"Di 2017, ekspor USD 623,9 juta atau setara dengan Rp 8,5 triliun. Ke depan diharapkan mampu bertambah secara signifikan baik dari nilai maupun volume ekspor," ujar Menteri Amran saat memberi sambutan pada acara pembukaan Indo Livestock 2018 Expo dan Forum Tahun 2018 di Jakarta, Rabu (4/7).

Pada 2017 kontribusi volume ekspor sub sektor peternakan terbesar pada kelompok hasil ternak sebesar 64,07 persen, dengan negara tujuan ekspor terbanyak adalah Hongkong (23,10 persen) dan China (21,96 persen). "Saat ini produk peternakan Indonesia sudah mampu menembus lebih dari 110 negara," jelas Menteri Amran.

Menteri Amran mengatakan, peluang perluasan pasar untuk komoditas peternakan di pasar global masih sangat terbuka luas. Adanya permintaan dari negara di daerah Timur Tengah dan negara lain di kawasan Asia sangat berpotensi untuk dilakukan penjajakan.

"Keunggulan halal dari kita juga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk ekspor produk peternakan ke wilayah tersebut dan negara muslim lainnya," jelas.

Mentan Amran mengklaim telah melakukan ekspor banyak bahan pangan. Ini juga sebagai bukti mulai terwujudnya swasembada di Tanah Air. Berikut rinciannya:

1. Ekspor telur

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman membantah tingginya harga telur dan daging ayam beberapa waktu lalu terjadi karena kurangnya produksi. Menurutnya kenaikan harga terjadi karena rantai pasok yang terlalu panjang di Indonesia. Bahkan, Indonesia sendiri katanya telah mengekspor telur dan daging ayam.

"Bagaimana produksi kurang kalau kita sudah ekspor. Ini soal rantai pasoknya. Kita kan sudah sepakat kemarin harga telur Rp 18 ribu (per Kg) kan. Di ujung itu Rp 30 ribu (per Kg). Artinya, ada kenaikan 60 persen, harusnya 20 persen saja," papar dia di Jakarta, Senin (23/7).

"Tinggal sekarang cara mengendalikannya. Kalau harga naik sedikit maka ekspornya kami turunkan jumlahnya. Atau stok yang ada kami keluarin," jelasnya.

Amran menyebut, ekspor selama ini telah telah dilakukan, salah satunya ke Jepang. "Kita tau ayam dan telur pertama dalam sejarah kita ekspor, dalam tahun ini dan berhasil tembus ke Jepang, ini harus kita syukuri, dulu kita impor sekarang sudah bisa ekspor," ujar Amran Sulaiman di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Amran menegaskan bahwa tidak hanya ayam dan telur saja yang berhasil diekspor, namun Indonesia saat ini sudah lebih mampu mengeskpor lebih banyak bahan pangan.

2. Ekspor jagung


Merdeka.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan Indonesia bisa ekspor 500 ribu ton jagung pada tahun ini.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, selama ini Indonesia selalu menjadi negara langganan pengimpor jagung. Pada 2015, impor jagung tercatat mencapai 3,6 juta ton. Namun, mulai 2017, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor jagung. Sebagai gantinya, pada tahun ini justru Indonesia mengekspor jagung, salah satunya ke Filipina sebanyak 100 ribu ton.

"Jagung kita sudah ekspor. (Dulu impor) 3,6 juta, Rp 10 triliun. Sekarang sudah ekspor, target tahun ini 500 ribu ton (ekspor)," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Jumat (3/8).

3. Bakal ekspor gula dan sapi

Selain jagung, Indonesia kata Menteri Amran telah mengekspor komoditas lain, seperti ayam, telur, dan domba. Untuk ayam dan telur dikirim ke Jepang, sedangkan domba ke Malaysia.

"Telur kita sudah ekspor dengan ayam ke beberapa negara, dalam sejarah Indonesia pertama tembus ke Jepang. Kemudian domba kita sudah ekspor ke Malaysia 60 ribu rencana, tapi siap menerima 600 ribu ekor per tahun. Kita menggantikan posisi Australia untuk Jepang," jelas dia.

Kemudian, Indonesia juga telah mengekspor bawang merah ke sejumlah negara di ASEAN. Ke depan, kata Amran, rencananya indonesia juga akan mengekspor bawang putih, gula dan sapi.

"Kiriman bawang merah kita sudah ekspor ke Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam. Dulu kita impor bawang dari Thailand. Sekarang serangan balik dari Indonesia. Insya Allah doakan kita ekspor bawang putih, kemudian nanti kita kejar lagi gula, dan sapi," tandas dia.

4. Ekspor domba ke Malaysia
Kabar gembira buat Indonesia, khususnya peternak asal Jawa Timur. Sebab, perusahaan peternakan asal Malaysia resmi memesan 60 ribu ekor domba perbulan dari para peternak binaan PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB).

Launching perdana ekspor domba ke Malaysia itu dilakukan oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Kandang Karantina Tandes, Surabaya, Kamis (28/6). Secara simbolis, memberangkatkan puluhan ribu ekor domba milik peternak asal Jawa Timur itu dengan pecah kendi di depan kandang ternak.

"Ini adalah kerja sama yang luar biasa, di mana dulu kita hanya mengekspor 200 ekor, sekarang, hari ini 2.500. Naik 1000 persen," kata Amran di sela meninjau domba-domba siap ekspor di Kandang Karantina Tandes.

Kemudian, lanjutnya, pihak Malaysia memesan puluhan ribu ekor domba perbulan. "Ini luar biasa, ini potensi, untuk pertama kita kirim 5 ribu ekor. Ini potensi. Kita harus gunakan semaksimal mungkin dan meningkatkan kesejahteraan petani kita, kenapa? harganya naik 50-100 persen," paparnya.

5. Populasi sapi naik 4 juta

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut bahwa Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) telah meningkatkan populasi sapi di Indonesia. Menurut dia, populasi sapi di Indonesia saat ini telah mencapai 16,8 juta ekor.

Amran mengatakan, jika sebelumnya peningkatan populasi sapi hanya 200 ribu ekor per tahun, dengan adanya Upsus Siwab, penambahan populasinya mencapai lebih dari 1 juta ekor per tahun.

"Hasilnya adalah boleh cek melalui BPS. Dulu populasi hanya 13 juta ekor. Itu selama 72 tahun Indonesia merdeka. Hanya tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK, hari ini total 16,8 juta ekor. Hampir 4 juta ekor (kenaikan). Artinya produksi sapi hari ini dengan inseminasi buatan itu 1 juta lebih per tahun. Dulu hanya 200 ribu ekor. Artinya naik 500 persen," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Selain itu, Upsus Siwab ini juga terbukti meningkatkan bobot sapi hingga 2 kali lipat dibandingkan sapi tanpa melalui program tersebut. "Tapi kalau membandingkan bobot, dulu sapi lokal itu separuh bobotnya dari pada sekarang. Limosin, Belgian Blue itu bobotnya 2 ton. 2 kali lipat," kata dia. [merdeka.com]

from Info Seputar Presiden https://www.infopresiden.com/2018/08/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal.html
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
https://4.bp.blogspot.com/-uPf2rlYBCC8/W2T_dw21C0I/AAAAAAAADNU/_8b5dGXmSX0zAArRJeyR4jm6Ou2uL0hfwCLcBGAs/s320/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal-terwujudnya-swasembada-pangan-di-era-jokowi.jpg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,10450,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: 5 Cerita fantastis Mentan Amran soal terwujudnya swasembada pangan di era Jokowi - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah
5 Cerita fantastis Mentan Amran soal terwujudnya swasembada pangan di era Jokowi - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah
https://4.bp.blogspot.com/-uPf2rlYBCC8/W2T_dw21C0I/AAAAAAAADNU/_8b5dGXmSX0zAArRJeyR4jm6Ou2uL0hfwCLcBGAs/s320/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal-terwujudnya-swasembada-pangan-di-era-jokowi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-uPf2rlYBCC8/W2T_dw21C0I/AAAAAAAADNU/_8b5dGXmSX0zAArRJeyR4jm6Ou2uL0hfwCLcBGAs/s72-c/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal-terwujudnya-swasembada-pangan-di-era-jokowi.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/08/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/08/5-cerita-fantastis-mentan-amran-soal.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy