LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Selain Pembelian Alutsista Buatan Indonesia, Pertemuan Sultan Brunei dan Presiden RI Bahas Ketenagakerjaan - Info Setkab Jokowi

Presiden Jokowi dalam Pertemuan Bilateral dengan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, K...

Presiden Jokowi dalam Pertemuan Bilateral dengan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5). (Foto: Humas/Agung).

Presiden Jokowi dalam Pertemuan Bilateral dengan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5). (Foto: Humas/Agung).

Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sultan Hassanal Bolkiah membahas beberapa hal, pertama, soal perdagangan Indonesia yang menurun karena turunnya harga minyak.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi dalam Pertemuan Bilateral dengan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5) siang.

“Brunei banyak sebelumnya mengekspor minyak ke Indonesia, dengan harga minyak yang turun otomatis maka nilai dari perdagangan itu sendiri menjadi turun,” ujar Menlu seraya menyampaikan bahwa kedua pemimpin terus mencari jalan agar perdagangan meningkat.

Cara yang dilakukan, menurut Menlu diantaranya menggali bidang-bidang kerja sama perdagangan dan investasi yang dapat dilakukan oleh kedua negara.

“Tadi kedua pemimpin menyampaikan bahwa untuk bidang investasi misalnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan, antara lain di bidang perikanan, kemudian di bidang pertanian, kemudian di bidang perkapalan, dan pelabuhan,” tambah Menlu.

Satu hal yang bisa dikembangkan oleh Indonesia dan Brunei, tambah Retno, diantaranya di bidang pertanian adalah pengembangan varietas Sembada B9 dan Sembada 188. Ia menambahkan bahwa ini adalah untuk beras yang sudah bisa dikembangkan antara kedua negara.

“Kemudian yang kedua adalah yang menyangkut mengenai masalah tenaga kerja. Kita memiliki 80.000, sekitar 80.000 warga negara Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam yang sebagian besar adalah tenaga kerja kita. 80.000 berarti sekitar 20% dari total penduduk Brunei Darussalam,” tambah Retno.

Dalam pertemuan tadi, menurut Menlu, Sultan Brunei mengatakan terima kasih atas keberadaan Tenaga Kerja Indonesia di Brunei Darussalam yang telah memberikan kontribusi, baik secara ekonomi maupun sosial di Brunei Darussalam.

Pada kesempatan tersebut, Menlu menyampaikan bahwa Presiden juga menitipkan kembali keberadaan para WNI yang ada di sana dan Sultan mengatakan sudah merupakan komitmen untuk memperhatikan keamanan serta kesejahteraan mereka yang ada di Brunei Darussalam.

“Untuk selanjutnya, draf MoU mengenai masalah penempatan dan perlindungan Warga Negara Indonesia di Brunei Darussalam akan mulai dibahas dan dinegosiasikan antara kedua belah pihak,” kata Menlu seraya menambahkan bahwa dirinya telah memyampaikan kepada Menaker, kalau pada tingkat Menteri Luar Negeri sudah sepakat untuk menyederhanakan negosiasi tersebut dengan harapan dapat segera diselesaikan.

Isu lain yang dibahas, menurut Menlu, kedua pemimpin juga membahas isu-isu yang sifatnya beyond bilateral, misalnya isu di kawasan terutama adalah ASEAN, kesepakatan mengenai pentingnya sentralitas dan persatuan ASEAN.

“Kemudian mengenai pentingnya ASEAN untuk memberikan dukungan lebih kepada ASEAN Humanitarian Assistance Center (AHA Center) yang markas besarnya ada di Jakarta. Karena AHA Center ini merupakan tangan ASEAN untuk membantu apabila terjadi bencana atau ada bantuan kemanusiaan dan lain-lain yang selama ini kita lihat masih kurang dari segi pendanaannya,” jelas Menlu.

Untuk itu, Menlu menyampaikan bahwa Indonesia dan Brunei dan ASEAN kemarin pada saat KTT, sepakat bahwa negara-negara anggota ASEAN akan memberikan back up financial yang lebih bagi operasi AHA Center.

Pembelian Alutsista Buatan Indonesia

Sementara itu, Menlu juga mengutarakan bahwa soal investasi tidak dibahas mengenai masalah komitmen, angka, dan sebagainya. Lebih lanjut, Sultan Brunei menyampaikan bahwa Brunei tertarik untuk melakukan kerja sama investasi di perkapalan dan di pembangunan pelabuhan.

“Oleh karena itu, saya lupa tadi satu, kerja sama yang kita kembangkan juga adalah di bidang Alutsista, ada ketertarikan dari Brunei untuk membeli kendaraan tempur dari Indonesia dan juga persenjataan produksi PT Pindad. Oleh karena itu, di Mabes ada beberapa pameran yang akan ditinjau oleh Sultan dan Presiden dari PT Pindad, PT DI, dan juga PT PAL Indonesia,” jelas Menlu.

Mengenai jenis peralatan tempur yang dibeli Brunei, Menlu menjelaskan bahwa saat ini belum ada sehingga nanti ada showcase mengenai produksi alutsista Indonesia.

Soal draf tenaga kerja, menurut Menlu, fokus pada penempatan dan perlindungan. Ia menambahkan untuk penempatan misalnya diatur masalah cost structure-nya karena selama ini kan cost structure untuk penempatan belum dibahas.

“Sehingga misalnya, tenaga kerja kita bisa saja dia terbebani selama berapa bulan untuk membayar kembali biaya penempatan. Jadi saya kira cost structure ini adalah isu yang selalu menjadi perhatian dari Pak Menaker,” jelas Menlu seraya menambahkan soal cost structure terkait pengaturan hubungan kerja, sehingga in the end adalah hak-hak pekerja Indonesia menjadi lebih terlindungi.

Target penyelesaian, menurut Retno, mencoba untuk dalam beberapa bulan ini bisa diselesaikan.

Di akhir wawancara, Menlu menyampaikan bahwa Sultan Brunei memiliki komitmen sangat tinggi sehingga pemerintah Indonesia tidak melihat adanya hambatan untuk penyelesaian draf MoU dengan masalah penempatan dan perlindungan TKI. (FID/AGG/EN)



from Sekretariat Kabinet Republik Indonesia http://setkab.go.id/selain-pembelian-alutsista-buatan-indonesia-pertemuan-sultan-brunei-dan-presiden-ri-bahas-ketenagakerjaan/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/LRM_EXPORT_20180503_124006-300x223.jpg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,5106,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Selain Pembelian Alutsista Buatan Indonesia, Pertemuan Sultan Brunei dan Presiden RI Bahas Ketenagakerjaan - Info Setkab Jokowi
Selain Pembelian Alutsista Buatan Indonesia, Pertemuan Sultan Brunei dan Presiden RI Bahas Ketenagakerjaan - Info Setkab Jokowi
http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/LRM_EXPORT_20180503_124006-300x223.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/05/selain-pembelian-alutsista-buatan.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/05/selain-pembelian-alutsista-buatan.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy