LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Dokter di Papua: Kartu Kuning untuk Jokowi Salah Alamat - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah

Dokter Tigor Silaban, yang telah bertugas di Papua sejak 1979, menilai kritik untuk pemerintah pusat atas kondisi kesehatan di Agats, Kabu...


Dokter Tigor Silaban, yang telah bertugas di Papua sejak 1979, menilai kritik untuk pemerintah pusat atas kondisi kesehatan di Agats, Kabupaten Asmat, salah alamat. Sebab, pihak yang paling bertanggung jawab atas wilayah tersebut dalam era otonomi khusus adalah pemerintah kabupaten.

"Pemerintah pusat sudah memberikan cukup. Kalau rakyat marah-marah kok presiden yang dimarahi. Dana otonomi khusus itu, 80 persen ada di kabupaten-kota. Pemerintah kabupaten yang seharusnya ditekan untuk memperbaiki manajemen kesehatan di Agats," kata Tigor saat dihubungi detikcom, Senin (5/2/2018) malam.

Penyelenggaraan manajemen kesehatan, ia melanjutkan, adalah kewenangan kabupaten. Selama ini dana otonomi khusus berada di tangan mereka, belum lagi ditambah dana BPJS. Seharusnya anggaran ini cukup untuk membangun fasilitas kesehatan.

Menurut Tigor, munculnya wabah difteri di Agats karena pemerintah kabupaten tidak mempersiapkan manajemen yang baik. Ia mengungkapkan pengalamannya mengelola jaringan fasilitas kesehatan di Wamena. Salah satunya membangun jalur distribusi dan komunikasi dengan perangkat petugas kesehatan di beberapa wilayah pedalaman lain.

"Kalau dulu kami para dokter tinggal di puskesmas dan patroli. Sistem dengan daerah pedalaman kami bangun, rujukan kami buat, jalur komunikasi juga. Padahal uang terbatas, kecil sekali. Kalau sekarang uang ada, tapi cuma ngumpul di ibu kota kabupaten saja," jelasnya.

Lulusan Fakultas Kedokteran UI 1978 itu memiliki pengalaman beberapa tahun bertugas di Asmat dalam proyek bersama UNDP pada rentang 1997-1999. Menurutnya, karakter masyarakat Asmat unik. Mereka menarik makanan dan dibawa ke rumah untuk dimakan bersama-sama.

"Nah, yang makan paling banyak itu bapaknya, lalu ibunya, baru anaknya. Anaknya itu juga sering cari makan sendiri, kerok sagu bula, memancing, apa saja," jelasnya.

Ia pun membentuk sistem manajemen pengelolaan fasilitas kesehatan di berbagai wilayah Asmat. Para pekerja lapangan membuat pos kesehatan di wilayah-wilayah terpencil.

Pembangunan ini berhasil dan dapat menjaga kualitas kesehatan masyarakat. Namun, ketika program UNDP selesai, tawaran untuk melanjutkan ke bupati tidak mendapat respons sehingga terhenti.

"Kalau dulu ketika Orde Baru yang bertugas di provinsi memiliki kewenangan untuk mengatur. Sekarang tidak bisa, makanya ketika ditolak tidak bisa apa-apa," jelasnya.

Padahal sistem ini hampir sama dengan yang dijalankannya selama mengabdi di Wamena. Ia berhasil membuat pola manajemen untuk menjangkau wilayah pedalaman yang jauh sekali. Saat itu pemekaran belum dilakukan, wilayah kerjanya lebih luas daripada Provinsi Jawa Barat. [detik.com]

from Info Seputar Presiden http://www.infopresiden.com/2018/02/dokter-di-papua-kartu-kuning-untuk.html
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
https://1.bp.blogspot.com/-_2XT0Z9JEkQ/Wnmuuq2JG0I/AAAAAAAAR_M/BbshSDQavdwEWTDrEYaPZ4_Bsh533UvjQCLcBGAs/s400/dokter.jpeg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,6775,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Dokter di Papua: Kartu Kuning untuk Jokowi Salah Alamat - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah
Dokter di Papua: Kartu Kuning untuk Jokowi Salah Alamat - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah
https://1.bp.blogspot.com/-_2XT0Z9JEkQ/Wnmuuq2JG0I/AAAAAAAAR_M/BbshSDQavdwEWTDrEYaPZ4_Bsh533UvjQCLcBGAs/s400/dokter.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-_2XT0Z9JEkQ/Wnmuuq2JG0I/AAAAAAAAR_M/BbshSDQavdwEWTDrEYaPZ4_Bsh533UvjQCLcBGAs/s72-c/dokter.jpeg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/02/dokter-di-papua-kartu-kuning-untuk.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/02/dokter-di-papua-kartu-kuning-untuk.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy