LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Kantor Staf Presiden Dukung Penuh Rehabilitasi Sungai Citarum - Dari KANTOR STAF PRESIDEN

BANDUNG – Kantor Staf Presiden secara prinsip mendukung upaya rehabiitasi Sungai Citarum dengan segala hal terkait di dalamnya. Penegasan i...

BANDUNG – Kantor Staf Presiden secara prinsip mendukung upaya rehabiitasi Sungai Citarum dengan segala hal terkait di dalamnya. Penegasan itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, dalam pertemuan di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Sabtu, 16 Desember 2017 lalu.

Pada kesempatan itu, Abetnego juga menyampaikan beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah terkait isu lingkungan, antara lain Peraturan Pemerintah tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis (PP KLHS), PP Instrumen Ekonomi, PP Perhutanan Sosial, UU Ratifikasi Paris Agreement dan Konvensi Minamata. “Yang perlu didorong kepada kementerian dan lembaga teknis adalah terbukanya ruang untuk adanya rapat kabinet terbatas guna mendapatkan arahan Presiden yang lebih komprehensif,” kata Abetnego.

Pertemuan ini digelar dalam rangka mengkonsolidasi satuan tugas untuk mematangkan rencana pembersihan dan pemulihan ekosistem rehabilitasi Sungai Citarum. Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo mengundang seluruh jajaran, instansi dan elemen masyarakat yang terlibat terkait rencana rehabiitasi Sungai Citarum.

img_4309Dalam rapat konsolidasi yang total dihadiri 600 orang ini tampak mantan Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah Erna Witoelar, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Sesmenko Maritim Agus Purwoto, Walikota Bandung Ridwan Kamil,  Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, wakil Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan dan Noor Fauzi Rahman, dan perwakilan dari Kementerian KLHK dan PUPR, perwakilan pengusaha/ industri di Jawa Barat, serta perwakilan Kedutaan Besar Jepang.

Pangdam Siliwangi menegaskan perlunya satu komando yang jelas untuk satgas yang akan menjalankan program Citarum Harum.  “Kerusakan ekosistem di Sungai Citarum saat ini sudah sangat parah dan lebih berbahaya dari terorisme, karena sudah mempunyai dampak kesehatan masyarakat, dampak lingkungan dan dampak ekonomi bagi jutaan orang yang mengkonsumsi makanan dari sungai Citarum,” kata Doni Monardo.

Untuk itu Pangdam berinisiatif mengkonsolidasi seluruh elemen untuk bekerja bersama membersihkan Sungai Citarum dengan tiga tahapan, yaitu pembersihan sampah, menghilangkan limbah, serta mengembalikan kembali ekosistem Citarum.

Sekretaris Kementerian Koordinator Kemaritiman Agus Purwoto mewakili Menko Maritim menyampaikan bahwa Kementerian Koordinator Maritim siap untuk menjadi koordinator karena upaya ini sejalan dengan gerakan pembersihan sampah di laut yang juga dipimpin oleh Menko Maritim. Pihak Kemenko Maritim juga berencana mengadakan rapat koordinasi di bulan Januari 2018 sebagai tindaklanjuti rakor ini untuk mengidentifikasi peran dan tugas masing-masing pihak siapa melakukan apa termasuk potensi sumber dananya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan dukungan untuk upaya rehabilitasi ini. “Permasalahan Sungai Citarum ini sudah sejak lama ditangani dan memang membutuhkan kerjasama berbagai pihak baik dari swasta, masyarakat, akademisi dan pemerintah,” kata Gubernur Aher. Ia pun mengakui bahwa kualitas air dari sungai Citarum sudah sangat buruk sehingga dibutuhkan penanganan secara komprehensif dari hulu ke hilir.

Walikota Bandung Ridwan Kamil memaparkan siap mendukung dan terus berupaya memperbaiki kotamadya Bandung secara paralel. Ridwan Kamil menyampaikan bahwa saat ini kota Bandung sudah mempekerjakan 3 ribu petugas, yang terbagi 1500 orang untuk mengurus air dan 1500 orang untuk mengurus sampah.

Ridwan Kamil juga meminta izin untuk membangun pipa besar penampung limbah rumah tangga disepanjang sungai yang ditempelkan di sisi Sungai Citarum terutama yang padat penduduk. “Ini bertujuan agar limbah RT tidak langsung masuk ke sungai namun ke aliran oleh pipa besar tersebut ke bendung sementara. Dari bendung sementara itu kemudian dipilah lagi sampah dan dibersihkan airnya,” kata Kamil.

Komitmen Penegakan Hukum

img_4310Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menyampaikan komitmen Polri dalam mendukung upaya penegakkan hukum bagi perusahaan, masyarakat dan siapa saja yang membuang limbah/ sampah ke Sungai Citarum. “Saya akan menegaskan akan mempertaruhkan pangkat dan jabatannya untuk menegakkan aturan hukum bagi semua pihak di wilayah Jabar yang melanggar,”  kata Agung.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai(BBWS) Citarum, Yudha Mediawan, dalam paparannya menyampaikan kondisi terkini dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan serta memaparkan rencana perbaikan infrastruktur di Sungai Citarum.

Adapun mantan Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah Erna Witoelar, mengaku sangat senang akhirnya ada upaya onkret yang melibatkan semua pihak untuk merehabilitasi Sungai Citarum. Erna Witoelar menyampaikan proses perbaikan dan rehabilitasi Sungai Citarum sebenarnya sudah dilakukan terus sejak beberapa tahun namun belum menunjukkan hasil yang signifikan. “Saya sangat mengapresiasi bila ada upaya kerja bersama dari semua pihak yang terlibat,” tegasnya.

Dirjen Penegakkan Hukum LHK Rasio Ridho Sani, memaparkan bahwa KLHK siap mendukung dan sudah melakukan penyelidikan terhadap beberapa kasus pelanggaran dalam kaitannya pembuangan limbah dan pengelolaannya yang tidak sesuai prosedur. “Kita akan tindak tegas perusahaan atau pabrik yang melanggar di sepanjang Sungai Citarum,” janjinya.

img_4311Perwakilan dari LSM Lingkungan dan perwakilan kelompok masyarakat menyampaikan alternatif  pengembangan ekonomi yang melibatkan masyarakat. Salah satu yang diusulkan didorong adalah mengembangkan peternakan kambing/ domba dan pengolahan sampah rumah tangga sehingga mempunyai nilai ekonomi untuk masyarakat.

Sebagai penutup, Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo merencanakan kegiatan peresmian satgas rehabilitasi Sungai Citarum dengan mengundang Presiden Joko Widodo di Situ Cisanti pada bulan Januari 2018 ini. Situ Cisanti di kawasan Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung merupakan titik nol atau hulu Sungai Citarum.



from Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id/kantor-staf-presiden-dukung-penuh-rehabilitasi-sungai-citarum/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/01/IMG_4309-1024x889.jpg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,2384,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Kantor Staf Presiden Dukung Penuh Rehabilitasi Sungai Citarum - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
Kantor Staf Presiden Dukung Penuh Rehabilitasi Sungai Citarum - Dari KANTOR STAF PRESIDEN
http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2018/01/IMG_4309-1024x889.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2018/01/kantor-staf-presiden-dukung-penuh.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2018/01/kantor-staf-presiden-dukung-penuh.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy