LAGU LAGU DUKUNG JOKOWI






Minta UGM Jadi Contoh, Presiden Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Cetak ‘Sociopreneur’ - Info Setkab Jokowi

Presiden Jokowi mampir ke salah satu stand co working space hasil kerjasama UGM dengan Bank Mandiri, di kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/1...

Presiden Jokowi mampir ke salah satu stand co working space hasil kerjasama UGM dengan Bank Mandiri, di kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/12) siang. (Foto: Fitri/Humas)

Presiden Jokowi mampir ke salah satu stand co working space hasil kerjasama UGM dengan Bank Mandiri, di kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/12) siang. (Foto: Fitri/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini, hilangnya sejumlah lapangan pekerjaan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat akan ada jenis pekerjaan baru yang muncul. Demikian pula halnya, tatkala ada jenis bisnis lama yang hilang maka ada jenis bisnis baru muncul. Untuk itu, Presiden meminta perguruan tinggi merespon hal ini.

“Tatkala lanskap politik, lanskap ekonomi berubah, lanskap sosial budaya berubah, pasti agenda penelitian dan pengabdian masyarakat universitas juga perlu mengalami perubahan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis ke-68 perguruan tinggi tersebut, di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Selasa (19/12) pagi.

Presiden mengemukakan, karakter sumber daya manusia (SDM) dan jenis profesi yang dibutuhkan oleh Indonesia ke depan , politisi dan birokrat akan selalu penting namun jumlahnya tidak akan bertambah banyak. Namun, para pekerja profesional, insinyur, dokter, farmasi, dan lainnya perlu semakin banyak dengan kompetensi yang berstandar internasional.

Yang justru sangat penting ditingkatkan jumlahnya, menurut Presiden, adalah para entrepreneur, kewirausahawan yang akan menghasilkan peluang kerja baru yang akan membangun nilai tambah. Namun Presiden menyayangkan semangat kewirausahaan kita masih sangat rendah.

Ia menyebutkan, dalam Global Entrepreneurship Index tahun 2017, peringkat kewirausahaan Indonesia masih di urutan ke-90 dari 137 negara. Ditingkat Asia Pasifik peringkat Indonesia nomor 16 dari 24 negara, juga masih rendah. Jumlah inovasi dan paten, lanjut Presiden juga masih rendah, yaitu peringkat 87 dari 137 negara.

“Inilah fakta-fakta yang memang harus kita ketahui dan ini merupakan tantangan kita ke depan,” tegas Presiden Jokowi.

Tingkatkan Peran

Pemerintah sendiri, menurut Presiden Jokowi,  saat ini sedang terus bekerja keras untuk membangun ekosistem bagi pengembangan kewirausahaan, untuk mendorong tumbuhnya start up bisnis-bisnis pemula, dan berusaha membangun ekosistem untuk bisnis pemula, bisnis kecil untuk bisa menjadi besar.

Pemerintah juga membangun infrastruktur untuk memperkuat perdagangan yang efisien, melakukan deregulasi, debirokratisasi  untuk mendorong efisiensi dan inovasi, dan mengembangkan skema-skema pembiayaan baru untuk memperkuat pembiayaan bagi bisnis pemula.

Namun Kepala Negara mengingatkan, ekosistem pengembangan kewirausahaan buka hanya dibangun oleh pemerintah saja, pendidikan tinggi juga punya peran yang sangat strategis baik dalam mencetak SDM enterpreneur yang unggul maupun dalam menghasilkan karya riset inovatif yang mendorong kewirausahaan.

“Sungguh saya berharap pendidikan tinggi mampu meningkatkan perannya sebagai bagian penting dari ekosistem untuk mengembangkan kewirausahawan, mencetak sociopreneur,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden berharap Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi motor penggerak dalam pendidikan tinggi, berperan aktif sebagai ekosistem kewirausahaan.

“Jangan terjebak pada rutinitas, cara-cara baru harus terus kita kembangkan. Keinginan mahasiswa untuk berinovasi harus ditumbuhkan, kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan,” tutur Presiden seraya menambahkan, para sociopereneur yang memecahkan masalah dimasyarakat harus diberikan dukungan.

Kepala Negara mengaku senang sekali, telah mulai muncul  para sociopereneur di kalangan generasi muda Indonesia, yang menciptakan tas plastik daur ulang yang terbuat dari bahan natural, atau membuat aplikasi untuk pemberi makan ikan secara efisien.

“Ini saya lihat sangat bagus sekali, membuat aplikasi untuk perdagangan online dan lainnya, membuat film-film sejarah republik Indonesia kemudian dijual melalui YouTube atau Netflix. Membuat games viral dan kartun tentang kepahlawanan Indonesia yang diwirausahakan melalui dunia digital,” terang Kepala Negara.

Di akhir kuliah umumnya, Presiden Jokowi kembali berharap UGM bisa menjadi contoh untuk tidak terjebak pada rutinitas, tapi bisa menjadi contoh untuk perubahan besar, perubahan radikal dalam pendidikan tinggi yang menjawab tantangan iptek dan perubahan zaman.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Ristekdikti M. Nasir, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan para civitas akademika UGM. (FID/ES)

 



from Sekretariat Kabinet Republik Indonesia http://setkab.go.id/minta-ugm-jadi-contoh-presiden-jokowi-dorong-perguruan-tinggi-cetak-sociopreneur/
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/12/Co-Working-Space-300x200.jpg

COMMENTS

Name

INDONESIA DEVELOPMENT,24,INFO JOKOWI,317,KANTOR STAF PRESIDEN,11,ORIGINAL,4,PILIH JOKOWI,4848,SETKAB - JOKOWI,79,
ltr
item
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode: Minta UGM Jadi Contoh, Presiden Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Cetak ‘Sociopreneur’ - Info Setkab Jokowi
Minta UGM Jadi Contoh, Presiden Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Cetak ‘Sociopreneur’ - Info Setkab Jokowi
http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/12/Co-Working-Space-300x200.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_rwuOgxfF64/Whz9XifTOkI/AAAAAAAAALo/n3zs6pBrd5ozqw0Dg6Q3knL1uiGkEbMQACLcBGAs/s72-c/%2523jokowipresidenku-4_New.jpg
Ayo Pilih Presiden Jokowi Sekali Lagi !! - Salam 2 Periode
http://www.wartabali.net/2017/12/minta-ugm-jadi-contoh-presiden-jokowi.html
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/
http://www.wartabali.net/2017/12/minta-ugm-jadi-contoh-presiden-jokowi.html
true
5403235864349489740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy